hell-o

hell-ooooo haha bingung banget mau bikin kalimat pembuka :-P
well, dari pagi di kepala gue berkeliaran buanyak banget ide buat nulis hari ini, hampir tiap ide udah gue bikin draft bayangan di otak, tapi sekarang, ujung-ujungnya, gue bingung mau nulis yang mana, malah nge-blaaank!


Tapi setelah dipikir-pikir, di postingan yang ini gue lagi ngga pengen curhat, jadi gue mau pake ide awal yang ngga begitu melankolis.


Kemaren, sodara sepupu gue dateng ke rumah, minta tolong gue ngebantuin tugas HEP (ospeknya SMA N 8, skolah gue dulu) dia. Terus dia cerita, katanya, temen dia, sebut aja namanya Anggrek (kasian soalnya mawar udah sering jadi korban). Tapi sebelom gue cerita Anggrek, gue mending jelasin dulu HEP itu apa. 

HEP itu kepanjangannya Hakarya Eka Pakci, ospeknya SMA N 8 Yogya, isinya sih bisa dibilang bertujuan buat kita bisa lebih kuat mental dan fisik, acaranya 5 hari dari pulang sekolah sampe sore, dan penutupannya di hari terakhir sampe malem. Tiap hari sebelom plg, anak kelas 10 bakal dikasih tugas lagi buat besok paginya, gitu terus sampe selesai. Terus pas HEPnya banyak kegiatan yang kebanyakan berhubungan sama ekskul, jadi HEP itu bisa dibilang bisa samil ngenalin ekskul dengan lebih nyata (apa coba). Dan HEP sama sekali bukan penyiksaan.

Nah si Anggrek ini kayaknya ngga bisa berfikir kayak gitu. HEP hari pertama dia nangis, dan pas pulangnya mewek sambil nunggu jemputan. Dan kata sepupu gue ini, dia langsung ngadu sama mamanya. Tugas HEP-pun ngga dia kerjain sendiri, yang ini gue tau dari tante, karna emang mamanya Anggrek ini adalah temen arisannya tante dan mama


Nah intinya disini gue cuma mau bilang, HEP, atau GVT (di SMA 1) atau fortasi (di SMA Muhammadiyah) dan kegiatan ospek sejenis itu dimaksud-in buat bikin kita lebih siap mental aja, ngga ada maksud nyiksa atau apadeh. Tapi emang sih pas kita ngejalanin rasanya dongkol banget sama senior-senior, capeknya juga.Tapi setelah  jadi murid kelas 11, 12 atau bahkan alumni, ospek bakal jadi cerita yang paling seru.

Semua bakal bisa jadi cerita, mulai soal nglembur bikin tugasnya, dibentak-bentaknya, capeknya, macem-macemlah. Tapi kalo kayak Anggrek tadi? Apa yang mau diceritain? Soal dia nangis dan langsung ngadu kemamanya? Soal tugas HEP yang dikerjain sama orang lain? Ngga ada serunya. Lagipula, HEP itu bisa jadi awal perubahan kita jadi anak SMA, lebih mandiri. Kalo kayak si Anggrek tadi sih sama aja kayak anak mami.


Sorry, bukannya ngejelek-jelekin ya, tapi gue ngga suka aja denger ada anak yang kayak gitu, di saat temen-temennya ngerjain, dia cuma nyuruh orang. Lagian, percaya ngga percaya, tugas HEP itu yang dulu bikin kelas gue kompak.


Hmm udah ah, daripada nambah dosa dan nambah kedutan si Anggek.
Babaaay, Salam Pakci!

Comments

Popular posts from this blog

HEARTS ♡♧♢♤

:'(