Merencanakan Trip Ke Korea. 6D5N.


Well halo,

Setelah 3 bulan akhirnya aku berhasil mengumpulkan niat untuk nulis, mumpung euphoria Korea masih berasa.

Sekitar 2 minggu yang lalu aku pergi ke Korea 6 hari 5 malem, bareng 2 temen dari Indonesia. Dan itu adalah pertama kalinya aku bener-bener ngerencanain trip (hampir semuanya) sendiri, mostly itinerary dan transportasi. Dan ternyata bikin rencana traveling itu menyenangkan. That's why I write this, so I'll remember how happy I was.

Jadi dari pengalamanku 6 hari kemarin, aku pengen share beberapa hal yang (menurutku) penting untuk disiapkan sebelum berangkat ke Korea (di luar, pastinya, tiket) tanpa travel agent.
  1. Ramalan Cuaca (dan temperatur).
    Kenapa ini penting? Karena bisa menentukan susunan itinerary dan baju yang perlu kita siapkan.
     
  2. Itinerary.
    Bikin itinerary itu gampang gampang susah. Kalau mau simple kayak yang aku lakuin kemarin kira-kira gini langkah-langkahnya:
    1. List semua lokasi yang pengen kamu datangi, urutkan berdasarkan prioritas. Dimulai dari yang harus banget didatangi.
    2. Di google maps, aku bikin list places yang pengen kudatangi. Jadi bisa kelihatan lokasi-lokasinya di mana aja. Dari mapsnya akan keliatan lokasi yang berdekatan yang mana, jadi bisa langsung di-grouping dan dibagi harinya. Mudah.
    3. Untuk nentuin harinya sebaiknya cocokin sama ramalan cuaca. Karena kalo engga bisa kejadian kayak aku kemarin.
      Waktu aku ke Korea kemarin itu pas banget permulaan summer, di mana itu lagi rajin-rajinnya hujan, dan karena ngga perhatiin ramalan cuaca jadinya pas cuaca hujan aku malah agendain ke N Seoul Tower, zonk lah. Seharusnya pas hujan bisa diakali dengan pergi ke underground shopping di Myeongdong atau Gangnam, atau belanja oleh-oleh di Lotte Mart.
    4. Usahakan dalam satu hari, kalau jadwalnya padat, ada tempat-tempat yang ngga prioritas, jadi kalau sampai waktunya mepet, ngga perlu pusing mikir mana yang bisa di-drop.
  3. Transportasi
    Sebelum kalian berangkat, sebaiknya coba pelajari dulu tentang public transport di Korea, yaitu subway dan bus. Kecuali kalau traveling dengan budget lebih, bisa naik taksi aja kemana-mana.
    Korean Subway itu cukup sederhana, line-nya jelas banget, dan kalau kalian mau lebih gampang dan yakin, kalian bisa download subway app yang banyak ada di App Store atau Play Store. Aku pake apps Subway, bisa download di: AppStore atau PlayStore.
    Untuk Mobile Apps lain yang penting untuk didownload, klik disini.

    Untuk naik subway dan bus (dan taksi) di Korea sendiri bisa pakai T-money (yang kupake) atau Cash Bee. Saranku begitu sampai bandara, langsung cari convenience store atau vending machine untuk beli kartunya dan top-up. Pengalaman kemarin aku top-up ₩35,000 untuk 6 hari.
  4. Akses ke Tujuan Wisata
    Di Korea hampir semua tujuan wisata bisa diakses dengan subway dan bus, sangat convenience. Jadi sebelum berangkat baiknya pelajari cara termudah untuk sampai ke tujuan, naik subway atau bus. Setelah itu cek lebih detail, misalnya: cek stasiun terdekat dari tujuan dan nomor pintu exit (kadang di satu stasiun bisa ada belasan exit, jadi ini penting untuk menghemat jalan kaki), atau cek lokasi bus stop dan nomornya. Intinya coba cari info lebih detail supaya pas di sana ngga buang waktu.
  5. Booking Hotel
    Yang (lagi-lagi, menurutku) penting pas milih hotel adalah lokasinya. Ngga peduli mau di hotel bintang lima, hostel, lodge, capsule hotel, lokasi itu penting. Cara mudah untuk menentukan lokasi adalah dengan lihat itinerary dan akses ke tujuan wisata (lihat titik-titik biru di google map), tentukan daerah yang kira-kira paling pas kemudian cari hotel yang dekat dengan stasiun, dan lebih bagus kalau stasiun itu dilewati line yang akan banyak kamu gunakan.

    Aku kemarin booking hotel di sekitaran Ewha Woman University, lokasinya menarik karena ramai dan banyak spot belanja murah juga.
  6. Booking Tiket Attraction Lebih Murah
    Tips untuk masuk ke tempat wisata yang perlu tiket: coba cari tiket online in advance, karena sekarang ini banyak website yang jual tiket lebih murah dibanding on the spot.

    Beberapa tiket yang aku beli lebih murah:
    • Petite France (HTM ₩10,000), beli di Trazy.com ₩7,600. Link: https://goo.gl/m9TgDQ
    • N Seoul Tower Observatory Deck (HTM ₩10,000), beli di Klook ₩7,500. Link: https://goo.gl/Q5ZoGW
    • Discover Seoul Pass (₩39,900), beli di Klook ₩35,000. Link: https://goo.gl/NyWM5m
  1. Internet
    Beberapa pilihan untuk akses internet:
    • Public Wi-Fi
      Opsi paling murah dan di Seoul sendiri public Wi-Fi (menurutku) udah cukup banyak jadi cukup nyaman.
    • Roaming data
      Aku pribadi akan mempertimbangkan ini kalau traveling sendirian.
    • Rental Wi-Fi
      Ini opsi yang kemarin aku pakai karena aku traveling bertiga, jadi sangat affordable. Apalagi aku dapet rental Wi-Fi murah dengan unlimited yang cuma ₩2,800 atau Rp36,000 per hari. Per orang per hari cuma Rp12,000. Link: https://goo.gl/rXYFq4
    • Beli Simcard
      Aku ngga mempertimbangkan opsi ini karna HPku agak rewel untuk baca simcard luar, jadi tingkat ketidakpastiannya terlalu tinggi. Plus biasanya lebih mahal juga.
  2. Packing
    Aku cuma mau bilang, di Korea toko baju murah banyak. Jadi kalau memang niat belanja, sekalian aja ngga perlu bawa baju banyak. Dan kalaupun mau bawa, cek ramalan cuaca dan temperatur, jangan sampai salah kostum. Itu aja.
That's all!
Panjang juga ya ternyata. Basically, just do what you thought will make you happy while traveling. And everything will be just fun (and fine).

Ajus

Comments

Popular posts from this blog

HEARTS ♡♧♢♤

:'(